5 Cara Untuk Mempercepat Kinerja Linux

5 Cara Untuk Mempercepat Kinerja Linux - Operasi system gratis seperti linux adalah pilihan terbaik untuk kalian yang ingin tobat dengan mendownload software crack yang biasanya kalian lakukan waktu masih memakai "jendela", disisi lain linux kalau menurut saya lebih ringan daripada "jendela", dan softwarenya gratis, kalian tidak perlu membeli atau harus susah payah nyari di google software crack buat si "jendela". Tetapi yang sebenarnya saya bahas bukan itu, di artikel kali ini saya akan memberikan beberapa tips untuk mempercepat kinerja linux kalian. Mungkin anda semua pasti akan bertanya tanya, "tadi katanya linux lebih ringan daripada 'jendela'? sekarang mau kasih tutorial cara mempercepat linux? ini gimana sih?!" pasti kalian akan mengatakan hal ini kepada saya. Jawaban saya "oke, memang linux lebih ringan daripada 'jendela', minimum ram untuk bisa memasang linux aja 512 mb, kalian harus menyesuaikan sendiri, dengan memilih dekstop environment yang tepat."

5 Cara Untuk Mempercepat Kinerja Linux

5 Cara Untuk Mempercepat Kinerja Linux
Linux mempunyai beberapa desktop environment atau biasanya disebut DE, nah kalian juga harus bisa menyesuaikan dengan RAM kalian, jika RAM 512mb, terus kalian memakai DE gnome, pasti itu komputer bakalan ngelag wkwkwkwk. Oke lah kita langsung ke topik pembahasan kali ini.

1. Preload
Preload adalah daemon yang berjalan di background yang mendeteksi aplikasi yang paling sering digunakan dan menyimpannya dalam cache sehingga mereka bisa disebut cepat, yang akan mengakibatkan waktu beban sistem cepat.
$ sudo apt-get install preload
Pengaturan default dari preload sendiri menurut saya sudah cukup, tetapi jika kalian ingin merubah pengaturannya menjadi versi anda sendiri kalian bisa mengedit file configuration nya dengan command ini.
$ sudo <nama-text-editor> /etc/preload.conf
<nama-text-editor> bisa kalian ganti dengan aplikasi text editor kalian seperti leafpad, gedit, nano, xed, vi, vim. sebagai contoh: $ sudo gedit /etc/preload.conf
Jika kalian ingin memantau log dari preload kalian bisa memasukkan command ini.
$ sudo tail -f /var/log/preload.log
2. Mengatur Aplikasi Startup
Aplikasi yang berjalan secara otomatis saat anda pertama log in disebut aplikasi startup, dulu saya sering jengkel ketika pas pertama log in dalam hati saya ngomong "kok agak lemot ya?" terus saya nanya nanya ke para master di grup linux, ternyata masalahnya ada di aplikasi startup harus diatur. Bagaimana cara mengaturnya? jawabannya, kalian matikan aplikasi startup yang menurut kalian gak terlalu penting, atau memang sebenarnya gak layak untuk dijadikan aplikasi startup.
Kalian bisa cari di menu dan cari dengan keyword "startup" nanti akan muncul aplikasinya kalian tinggal buka saja dan atur sesuai keinginan kalian.
5 Cara Untuk Mempercepat Kinerja Linux

Sebagai tambahan, kalian bisa menggunakan aplikasi BUM  atau biasa disebut BootUp Manager.
$ sudo apt-get install bum
3. Mengatur Swappiness
Nilai default dari swappinness di linux pada umumnya adalah 60, jika kalian ragu dan ingin mengeceknya, kalian bisa lakukan dengan ini.
$ cat /proc/sys/vm/swappiness
Ketika kalian eksekusi command diatas, dan nanti akan muncul output 60, itu berarti kalian belum mengatur nilai swappiness kalian. Bagaimana cara mengaturnya?
$  sudo gedit /etc/sysctl.conf
Kalian bisa mengganti gedit sesuai text editor kalian. Setelah kalian eksekusi command tersebut nanti akan terbuka file sysctl.conf yang harus kalian edit, bagaimana cara editnya? oke !
Cara mengeditnya, kalian cari line atau baris ini vm.swappiness = 10 jika ada kalian tidak perlu mengedit apapun, jika tidak ada, kalian tambahkan vm.swappiness = 10 ke line, atau baris yang paling bawah.
4. Menonaktifkan Visual Effects
5 Cara Untuk Mempercepat Kinerja Linux
Dulu, sebelum saya mengerti betapa pentingnya performance daripada appearance saya sangat senang sekali melihat visual effects yang ada di linux saya, tetapi lama kelamaan linux saya tambah lemot dan lemot dan saya akhirnya mencari apa masalahnya, ternyata salah satu penyebabnya adalah visual effects masih aktif, dari situ saya tau bahwa performance lebih penting daripada appearance. Bagaimana cara menonaktifkannya? kalian install aplikasi compizconfig settings manager terlebih dahulu dengan command dibawah ini, setelah itu buka
$ sudo apt-get install compizconfig-settings-manager
5. Menggunakan Dekstop Environment yang Ringan
Seperti yang saya katakan di awal artikel, kalian harus bisa menyesuaikan dengan memory ram di komputer kalian, dan ini adalah rekomendasi desktop environment yang ringan.
Desktop Environment Xfce
$ sudo apt-get install xfce4
Menginstall program ekstra (plugin, artwork, dan lain lain)
$ sudo apt-get install xfce4-goodies
Desktop Environment LXDE
$ sudo apt-get install lxde
Itu dia rekomendasi desktop environment dari saya, jika masih ada yang lebih ringan kalian bisa menambahkannya di kolom komentar sertakan cara penginstallannya.
Semoga bermanfaat, mungkin cukup disini saja pada artikel 5 Cara Untuk Mempercepat Kinerja Linux dan jangan lupa untuk terus mengunjungi blog ini karena akan ada update tips dan trik seputar teknologi setiap harinya, so terimakasih buat kalian yang menjadi pengunjung setia blog ini, dan jangan lupa jika kalian mengalami kesulitan atau kebingungan silahkan berkomentar ! akhir kata Semangat Belajar. 

Comments

Post a Comment