Fungsi Perintah cat, grep, dan tail di Linux

Fungsi Perintah cat, grep, dan tail di Linux - Di artikel kali ini saya akan memberikan tutorial seputar linux, banyak sekali orang yang baru saja migrasi ke linux, oke itu adalah berita bahagia. Mengapa begitu? karena kalian jika menggunakan linux kalian akan bebas dari kegiatan download crack software sebagaimana yang kalian lakukan jika kalian menggunakan operasi system jendela.

Saya berani menjamin pasti kalian akan melakukan itu jika kalian sudah tidak punya uang lagi untuk membeli aplikasi yang berbayar di operasi system jendela. Nah, tetapi masalahnya kebanyakan orang yang baru saja migrasi menggunakan linux, ada sebagian orang kebingungan menggunakannya sebelum dia mempelajari perintah dasar di linux, kalian bisa lihat disini.

Fungsi Perintah cat, grep, dan tail di Linux


Fungsi Perintah cat:

cat atau Concatenate FILE(s) to standard output, lebih berfungsi untuk pembuatan file baru, melihat sebuah file, dan lainnya. Contoh opsi perintahnya dibawah.
cat > nama_file : ini berarti akan membuat file baru, kalian bisa mengubah "nama_file" dengan nama sesuai yang anda inginkan.
$ cat > test.txt
cat nama_file : ini berfungsi untuk melihat isi sebuah file melalui terminal linux.
$ cat test.txt

Fungsi perintah grep:

grep berfungsi untuk mencari sebuah kata atau word di dalam file tertentu, sebenarnya bukan itu saja grep bisa untuk mencari sebuah data yang berupa tulisan atau word (kata).
grep "kata_yang_ingin_anda_cari" nama_file
for example:
$ grep "anu" test.txt
Keterangan ! command diatas berarti mencari kata anu dalam file yang bernama test.txt

Fungsi perintah tail:

tail merupakan sebuah perintah dasar atau bahasa lainnya adalah basic command, yang fungsinya hampir sama dengan cat, tetapi yang berbeda tail tidak menampilkan isi file secara keseluruhan.
tail nama_file
for example:
$ tail test.txt
Oke mungkin begitu saja tutorial pada kali ini, ingat membaca adalah alat utama untuk menggapai mimpi kalian, dengan bahasa lain reading is the basic tool. Mungkin kalian tertarik untuk membaca artikel lain: Fungsi beberapa perintah terminal emulator android

Comments

Post a Comment